Skip to content

Wisata Pulau Biawak Indramayu

Maret 13, 2010

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI LAUT DAERAH (KKLD)
PULAU BIAWAK INDRAMAYU

DINAS PERIKANAN DAN KELAUTAN

KABUPATEN INDRAMAYU

JL. PABEAN UDIK NO. 01 INDRAMAYU. TELP./FAX. 0234-272 767

I. GAMBARAN UMUM KAB. INDRAMAYU

Luas Wilayah             : 204.011 ha

Jumlah Kecamatan : 31 kecamatan

Jumlah Desa              : 310 desa/kel.

Penduduk                    : 1.709.128 jiwa

Kepadatan                   : 836 jiwa/ha

Matapencaharian     : Pertanian, Perikanan

Lahan sawah               : 110.877 ha

Lahan tambak            : 20.275 ha.

Potensi P.Kecil          : P. Biawak, P. Gosong, P. Candikian

II. KONDISI DAN POTENSI UMUM KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN INDRAMAYU

  • Kabupaten Indramayu memiliki potensi wilayah perairan laut, pesisir/payau dan tawar. Kondisi tersebut Indramayu memiliki keanekaragam hayati (biodiversity) yang tinggi.
  • Potensi-potensi kawasan konservasi perairan Indramayu, antara lain : Kawasan Konservasi Laut dan Pulau-Pulau Kecil, Kawasan Perairan Payau dan Kawasan Konservasi Perairan Tawar.

III. KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN (KKP) KKLD PULAU BIAWAK INDRAMAYU

* Lingkup wilayah KKLD meliputi :

Daratan pulau (terrestrial) dan wilayah perairan (aquatic) pantai dan laut sekitarnya.

- Luas Total ± 15.540 Ha

- Luas darat ± 742 Ha, luas perairan ± 14.798 Ha.

* Letak Geografis KKLD P. Biawak

P. Biawak 06°56’022’’ LS dan 108°22’015’’ BT

P. Gosong 5°52’076”LS dan 108°24’337’’ BT

P. Candakian 5°48’089”LS dan 108°24’487’’BT

IV. PENATAAN ZONASI KKLD PULAU BIAWAK

  • ZONA INTI : sebagai zona perlindungan mutlak, zona ini diperlukan untuk kepentingan perlindungan kawasan (melindungi habitat dan populasi biota laut dan pesisir). Pada blok ini tidak diperkenankan adanya pengembangan fisik kecuali dalam rangka pengamanan kawasan.
  • ZONA PENYANGGA : merupakan zona pemanfaatan terbatas untuk kegiatan WISATA MINAT KHUSUS (semi intensif /terbatas). Kegiatan antara lain; wisata bahari, wana wisata, wisata alam laut (diving, snorkling, memancing) pemanfaatan pada zona ini adalah semi intensif dan multiguna.
  • ZONA BUDIDAYA TERBATAS adalah zona pemanfaatan untuk kegiatan budidaya laut (marine culture) dan penangkaran jenis-jenis biota laut langka dan jenis-jenis ikan hias. Dalam upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir.

V. FUNGSI KKLD P. BIAWAK

  1. Fungsi Konservasi (Perlindungan dan Pelestarian)
  2. Fungsi Pendidikan dan Riset
  3. Fungsi Pengembangan Ekonomi Masyarakat (pemanfaatan sumberdaya KKLD dan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan)

Fungsi Pengembangan Ekonomi Masyarakat

  • Fungsi ini berkaitan dengan senua aspek pemanfaatan sumberdaya alam KKLD untuk pemanfaatan tradisional, wisata, pendidikan, budaya dan lainnya yang berkelanjutan (ramah lingkungan)
  • Kegiatannya, antara lain :
  1. Wisata Bahari (Diving, Snorkling, Memancing, dll2. Wisata Alam (hutan mangrove, Pengamatan Biawak, Burung, Kalong dan Lainnya).
  2. Wisata Pendidikan (Heiking, outbond, fotografi, pengenalan tumbuhan dan alam).
  3. Wisata Budaya dan Sejarah (Ziarah dan Bangunan Mercusuar th. 1872).
  4. Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pesisir (Souvenir KKLD, Jasa Inap, Jasa Pemandu, dll)
  5. Budidaya Laut dan Penangkaran Biota Laut Langka ( keramba jaring apung kerapu, rumput laut dan penangkaran ikan hias laut dan biota langka) tumbuhan dan alam)

VII. SARANA PRASARANA KKLD KAB. INDRAMAYU

  • KANTOR PENGELOLA KKLD P. BIAWAK.
  • Kapal Wisata KKLD, kapasitas 25 Orang, dan perlengkapannya.
  • Radar dan Fish Finder.
  • Pusat Informasi dan Pos Jaga di Pulau Biawak.
  • Dermaga Pelabuhan / Jetty di Pulau Biawak.
  • Tempat Penangkaran Biota Laut Langka dan Ikan Hias.
  • Peralatan Selam (diving) 3 Unit dan Kompresor.
  • Mouring Bouy (tempat tambat perahu di laut).
  • Papan informasi penunjuk arah potensi wisata.

VIII. LANDASAN HUKUM KKLD P. BIAWAK

  • PERDA Kabupaten Indramayu No. 14 Tahun 2006, Tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi Laut Daerah dan Penataan Fungsi Pulau Biawak, P. Gosong dan P. Candikian
  • Keputusan Bupati Indramayu, No. : 523.1.05/Kep.80A-Diskanla /2006. Tanggal 12 Januari 2006. Tentang Pembentukan Forum Pengelola KKLD Kabupaten Indramayu.
  • Keputusan Bupati Indramayu, Nomor : 523.1.05/Kep.446A-Diskanla/2007. Tanggal 12 Mei 2007. Tentang Pembentukan Forum Pengelola KKLD Kabupaten Indramayu.

IX. SARANA DAN PRASARANA TAHUN 2008 KKLD P. BIAWAK INDRAMAYU

- Speedboat bottom glass

- Garasi Speedboat

- Revieter Handytalky (P. Biawak-Kota)

- Handytalky, GPS, Meubeler, TV, Wireless

X. Konservasi, Pendidikan dan Wisata P. Biawak

PULAU BIAWAK (LUAS DARAT ± 120 HA)

PULAU CANDIKIAN (LUAS DARAT ± 97 HA)

PULAU GOSONG (LUAS DARAT … )

XI. POTENSI SUMBERDAYA ALAM KKLD P. BIAWAK

  • Hutan Mangrove
  • Biawak
  • Terumbu karang

Penting……!!!! Untuk temen – temen yang mau ke pulau biawak khususnya yang dari arah jakarta silahkan bisa buka blog ini : http://lembaranpung.wordpress.com/2010/07/15/pulau-biawak-atol-di-laut-jawa-ii-teknis-perjalanan/ di blog ini lengkap dari mulai akomodasi sampai nomor kontak nelayannya juga ada.

Ada satu…. lagi untuk yang mau lihat – lihat foto – foto keindahan pulau biawak serta spot – spotnya yang bagus dan pondok penginapannya silahkan bisa didownload di sini.

satu lagi BUNG para pencinta keindahan alam,,baru dpt info kapal KM BIAWAK milik dinas perikanan dan kelautan indramayu sudah bisa digunakan yg sebelumnya docking dengan kapasitas kurang lebih 40 org,,

ini nmr kontaknya bapak. H.Sirojudin 081324333097

semoga bermanfaat :)

Daftar acuan :

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, KKLD Pulau Biawak Indramayu.

Makalah KKLD Pulau Biawak Juni08, DISKANLA Indramayu.

http://www.satimterus.blogspot.com/

About these ads
74 Komentar leave one →
  1. immadur rozan sylvano permalink
    April 13, 2010 11:31 pm

    klo gw bandingin ama bali, potensi wisata kab. inderamayu nggak kalah loh. yang kurang dari kab. inderamayu itu adalah pengelolaan potensinya, misalnya bgm menggabungkan potensi wisata pulau biawak tsb dengan potensi mangga dan potensi kuliner yang ada di kab. inderamayu, spt di jimbaran bali! ini tantangan bw para wakil rakyat n pemkab inderamayu!

    • April 14, 2010 5:33 am

      tengkyu bang udah mampir k blog saya…

      iya bang di indramayu masih kurangnya pengelolaan serta publikasi dari itu semua jalur akses untuk k pulau biawak juga masih harus ikut nelayan ada juga km biawak juga terbatas,,,semoga bang pemda indramayu lebih konsern lg untruk masalah wisata bahari ini…

      • Debbie permalink
        Mei 10, 2010 7:16 am

        Saya berencana untuk ke Pulau Biawak hari Kamis ini, mengenai transportasi penyebrangan, Mas Darmadi ada info akuratnya ?

        Terima kasih

      • Mei 10, 2010 1:34 pm

        untuk lebih lengkapnya untuk masalah transportasi bisa sewa kapal nelayan di situ d nego aj mas atau pke KM biawak milik dinas kelautan setempat ini saya kasih nmr kantornya mas/ mba tgl hubungin aj (0234) 272767

  2. dive fernandes permalink
    Juni 1, 2010 7:04 am

    allloww sobbb good decg lo punya situs tp btw nempelin foto gw kog g bilang

  3. antho permalink
    Juni 6, 2010 1:42 pm

    malam bro,

    gw ad niat ke P. Biawak, cuma masih kumpulin info.
    klo dr Jakarta, adakah bus yg langsung ke Indramayu?
    trus kmrn sempet nelpon petugas DKP Indramayu (namanya Pak Endang), katanya KM Biawak lg docking, punya CP nelayan yg bisa disewa kapalnya?

    trims

    • Juni 7, 2010 1:19 pm

      mlm juga bang,,,,

      klo dr jakarta lagsung k indramayu gk ada bang..naiknya jkt – crb ataw jkt – kuningan nah minta turun d celeng indramayu,,smua mobil arah k jawa, crb smua lewat indramayu bang…gampang akses jkt k im mah…cuma 25rb,,,

      ada bang ne nmrnya 081313592264 itu nelayan dr kecamatan balongan namanya pak rasita coba contact aj ya bang,,,,

      thnk u dah mampir bang,, :)

  4. ami lucu permalink
    Juni 7, 2010 8:46 am

    dham.. klo pulang k im.. ajakin kita2 k pulau biawak donkk.. ok.ok.. xixixi

    • Juni 7, 2010 1:16 pm

      biayanya lmyan mahal mi,,,,biasanya mapala wirabuana unwir juga sering ngadain acara itu,,,ikut aj tu…

  5. Edha Nu geloo.. permalink
    Juni 7, 2010 8:49 am

    maaa……maaa…….

    gw ikut ngendong jg dunkkk….
    ntar lw yg byarin smua akomodasi k biawak island’y…
    hahahahaha
    Eda shase….gtu…gtu…!!!!

    • Juni 7, 2010 1:15 pm

      hahahahha…..

      ana – ana bae sirah se- nOk…

      tinggal melu wong nelayan bae,,,hahhahahah….ngko tinggal cemplungaken nig laut nyampe tekang pulau biawak,,,jadi ratu biawak bli ngkoe???hehehehehe

  6. Juli 3, 2010 10:58 am

    hula halo :D
    mampir liat liat ^^
    salam kenal

  7. Juli 10, 2010 2:44 am

    Saya rasa jika Bupati yang baru yang kelak terpilih saya berharap lebih maksimal memperhatikan bukan hanya potensi yang ada melainkan pengelolaan lebih intensif dan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) lebih memiliki kepekaan yang tinggi.

  8. Juli 14, 2010 5:14 am

    ada nomer cp nelayan lain ga?? yang 081313592264 ga bisa dihubungin tuh.
    makasih

  9. dedi permalink
    Juli 15, 2010 12:36 pm

    minta infonya untuk akses k sana donk..
    thanks yach… :)

  10. Juli 20, 2010 6:25 am

    Terimakasih atas tautannya, Mas Darmadi ;)

  11. Agustus 3, 2010 11:09 am

    http://www.rastgeleav.com
    eagle, cuda, fish finder, garmin, balık bulucu, radar

  12. Agustus 6, 2010 6:44 am

    Referensi yang bagus buat berwisata, jadi kepingin menginjakkan kaki di Pulau Biawak sebelum pulau itu tenggelam hehehehehehehehehe……………….(ga nyambung ya )

    semangat tuk berbagi berita.

  13. Agustus 23, 2010 1:47 am

    ada rencana oktober mau kesiniii….ntr kalo butuh info bisa kontak kan ya???

  14. Agustus 23, 2010 8:13 am

    terus sama nginepnya gimana?? apa nge-camp?

  15. Oktober 25, 2010 3:39 am

    bisa minta no telp nelayan di sana gk mas?

    • Oktober 25, 2010 4:34 am

      aku kirim d messege FB mas Tim Serga Pendaki Gunung

      • fla permalink
        Desember 22, 2010 9:47 am

        boleh dong minta cp nelayannya juga, akhir tahun rencana nge trip kesana

        thk

  16. Desember 3, 2010 8:58 am

    naik elf cirebon-indramayu

  17. Desember 20, 2010 6:46 am

    Bagus Dam, konsern di LH banyak pahalanya, ntar mr link-kan blog mo ini ke lms-sman1sindang, banyakin referensi lingkungan hidup. kita butuh materi PLH buat anak-anak SASI, biar lebih pintar dan lebih peduli lingkungan,

    buat warisan ntar Dam, lumayan….

  18. Desember 20, 2010 6:47 am

    bagus, dam banyakin tulisan lingkungan hidup, ntar bapak link buat materi PLH anak sasi,
    met berkarya,…

  19. Desember 20, 2010 6:48 am

    baguss dam, bapak link buat materi PLH ya…

  20. Desember 20, 2010 6:48 am

    bagus dam, di link buat metri PLH ya

  21. nilo permalink
    Desember 30, 2010 3:42 pm

    wahh.. kmpung hlmn gw nih at indramayu “kepandean”..hehee
    smpai skg blum kesampean pngen ke pulau biawak,,
    sering’nya maen ke kmpung nlyn nya aja at karang song..hihii

    mas darmadi’ mau nnya pnyewaan kapal ntk nyebrang ksna brp yaa.. n’ brp jam jarak tmpuh’nya..thanks b4

    • Januari 3, 2011 9:45 am

      hahhaha..wong pande ya mas,,parek lah…

      nyewa kapal tergantung kapasitas nya mas klo yg kapal buat 10 – 15 org ya sekitar 1,2 jtan 3 hari…

  22. Januari 4, 2011 10:49 am

    Sering dengar, sering membaca, sering juga kepengen kesana …tapi kira-kira aman tidak ya bawa siswa SMP tuk outbond disana ?
    Salam kenal untuk seluruh pengunjung blog ini, kunjungi juga saya ya di http://www.ixl.com/math/grade/eighth/
    Trims informasinya, sangat membantu untuk lebih menguatkan niat berwisata ke Pulau Biawak ini he..he…

  23. Januari 4, 2011 10:52 am

    Waduh maaf Mas salah ngasih link…yang benar ini nih…http://deepyudha.blogspot.com/2010/12/pemuda-dan-teknologi.html
    Ditunggu kunjungan baliknya yaa…

  24. Januari 27, 2011 8:42 am

    Jadi pengen ke sana nich. btw kalo sewa kapal KM biawak rate harganya berapa mas? trus kalau mau snorkeling ada yang nyewain alatnya ga di sana?

  25. lianlianmaro permalink
    Februari 9, 2011 6:15 am

    emang kekayaan kota ini banyak..semoga potensinya semakin banyak bisa digali dan dimanfaatkan selayaknya demi kemaslahatan masyarakat…semoga duit bwt mengembangkan pariwisatanya juga ga ikut2an dikorupsi..aminnnn..
    INDRAMAYU perlu perubahan!!!

  26. mahmudi permalink
    April 14, 2011 3:37 am

    i love indramayu…. aq orng dermayu, tp masih belum tahu tentang pulau biawak, tolong minta alamat’y ya….ntr kapan* i let go to pulau biawak. thanks

  27. nad tambok permalink
    April 25, 2011 6:58 am

    sob, boleh minta itten dari jakarta kesana nda? sama contact person dan estimasi biaya… kalo bisa, boleh kirim by fb atau email… terima kasih sebelumnya…

  28. fikri permalink
    Mei 2, 2011 12:35 pm

    apakah ada penyewaan alat2 snorkling di pulau biawak?
    terus apabila ingin bermalam disana siapa yang harus dihubungi
    tolong diberi pencerahan karena saya minat mau berkunjung kesana

    terima kasih

  29. Mei 20, 2011 6:03 pm

    di tempat saya biawak pada dimakan tuh

    • Mei 22, 2011 5:37 pm

      sama mas d tempat saya malah bnyak dijual sate biawak.. hehhe

  30. Juli 18, 2011 2:08 pm

    naturally like your website but you need to check the spelling on several of your posts. Many of them are rife with spelling issues and I find it very bothersome to tell the truth nevertheless I’ll certainly come back again.

  31. Juli 29, 2011 10:38 am

    makasih infonya.

  32. Agustus 20, 2011 9:55 pm

    Hallo pak..
    mau tanya nh, klo mau liburan ke pulau biawak gmna ya caranya? melalui siapa?
    thx.. :)

  33. Agustus 20, 2011 9:58 pm

    Hallo pak..
    mau tanya nih, klo mau berkunjung ke pulau biawak gmna ya caranya? melalui siapa?
    thx..

  34. Agustus 20, 2011 10:04 pm

    Hallo pak..
    mau tanya nih, klo mau berkunjung ke pulau biawak gmna ya caranya? melalui siapa?
    thx…

  35. Oktober 4, 2011 8:29 am

    jumat bsk saya akan ke sana.. dan rencananya saya akan membawa 1 angkatan kesana.. kira2 kapal bs mengangkut 60 orang g? minta cp nelayan yg bs dihubungi ya..
    thanks

  36. edwin permalink
    November 15, 2011 10:58 am

    yuk kita dukung pulau biawak sebagai new 7 wonder caranya ketik spasi pulau biawak kirim ke pak udin tetangga sebelah wkwkwkwk

  37. icha permalink
    Desember 28, 2011 8:32 am

    alamat pas’y dmna cii

  38. icha permalink
    Desember 28, 2011 8:34 am

    letak pas’y dmna ciiiiiiiiiii
    mnt alamat lgkp dong

  39. mulyono yalia permalink
    Januari 9, 2012 7:22 am

    Ususl untuk Dinas pariwisata maupun Dinas perkanan dan kelautan kabupaten Indramayu, untuk memperbanyak transportasi ke pulau tersebut, sehingga mempermudah para backpecker untuk menikmati pulau biawak,, kesulitan yang dirasakan sekarang ini adalah susahnya transportasi ke daerah ini

  40. Maret 2, 2012 3:34 am

    Kapan kita kesan,,,,

  41. Fang permalink
    Mei 4, 2012 11:17 pm

    Ada yg tahu bagaimana caranya supaya biawak mau makan? Apakah sakit? Jenis makanan apa yang tepat untuk biawak? Baru dapat biawak lokal, ternyata ga mau makan. Apa ada yg tahu kenapa biawaknya ga mau makan? Apakah sakit atau kenapa? Thanks.

  42. boje permalink
    Juli 9, 2012 6:17 am

    adaaaa yang baru lagi n…………
    hayu ikutan wisata bahari ramah lingkungan pulau biawak indramayu 14- 15 juli
    harga Rp.400.000
    acara :
    – snorkling
    – keliling pulau biawak dan gosong
    – orang tua angkat dan transplantasi terumbu karang
    – live musik regge (bila peserta ada 30 orang)

    fasilitas :
    – makan 5 x
    – alat snorkling
    – foto underwater
    – ongkos PP pulau Biawak dan pulau Gosong
    – BBQ

    pendaftaran paling lambat 12 juli 2012

    meeting poin : tanggal 13 juli 2012, jam 23.30 tempat pelabuhan song Kab. Indramayu

  43. September 9, 2012 6:51 pm

    Nice Info.a kawan.. ^_^
    Ada bberapa yg ingin saya tanyakan.
    1. Perjalanan dari daratan indramyu ke pulau biawak itu sekitar berapa lama ?
    2. jika tidak menginap apakah bisa ?
    3. Ongkos perahu pengantar dari daratan indramayu ke pulau biawak dan dari pulai biawak kembali ke daratan indramayu berkisar harga berapa ?
    4. Sewa snorkelingnya berapa ?
    terimakasih mas,, hanya itu saja..
    Mohon balessannya lewat email atau fb..

  44. Juni 24, 2014 4:31 am

    wahhh artikel yang sangt lengkap..
    gan kallo boleh tahu, kenapa sioh di bilang pulau biawak? apa memang ada beberapa ekor biawak di dalamnya atau memang karna asal usul? teerimaksih ;)

    • Juni 24, 2014 7:13 am

      bukan beberapa lg gan, tp banyak dan ukurannya bisa di bilang sangat besar, dan pulau ini jauh dari daratan logikanya bagaimana hewan biawak bisa sampai pulau ini..makannya dinamakan pulau biawak.. kurang lebih seperti itu gan :)

  45. Juli 16, 2010 5:35 am

    siip..siip..

  46. Agustus 23, 2010 7:11 am

    kalo dari arah surabaya gimana neh…aku ma temen-temen masih bingung arah kesananya…apa turun cirebon ya?? trus dri cirebon ka indramayu naek apa??

  47. marten permalink
    Desember 28, 2010 11:38 pm

    jalan kaki juga boleh, tapi lebih enak naik elf

Trackbacks

  1. Pulau Biawak, Atol di Laut Jawa II; Teknis Perjalanan « LembaranPung
  2. Pulau Biawak | Surga di Perairan Indramayu | blog.dugder.com
  3. Roadtrip Pulau Biawak | Blog
  4. Roadtrip Pulau Biawak |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: