Skip to content

Pemerintah Siapkan Dana Penyelamatkan Terumbu Karang Rp 46,5 M

Oktober 15, 2009
Senin, 12 Oktober 2009 | 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran dana sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 46,5 miliar untuk penyelamatan terumbu karang di Indonersia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numbery usai acara “Coral Reef Management Symposium on CT Area Indonesian Ocean Policy Workshop” Di Menara Bidakara Jakarta.

Freddy menyatakan hal tersebut merupakan bukti keseriusan dari pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu, karena melihat begitu parahnya kerusakan yang terjadi pada terumbu karang di Indonesia.

“Saya mewakili pemerintah, melalui DKP (Departemen Kelautan dan Perikanan), siapapun pemerintahan yang akan datang nantinya, penyelamtana terumbu karang adalah suatu komitmen yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia yang harus segera diajalankan sedini mungkin,” tegas Freddy.

Adapun penyisihan anggaran yang demikian besar tersebut bisa digunakan untuk menjalankan beberapa program berskala nasional, baik itu program yang sedang berjalan maupun program yang sedang dijalankan. Sebut saja di antaranya program pendidikan dan pelatihan penyelamatan dan pelestarian terhadap terumbu karang bagi seluruh siswa SD hingga SMU di Indonesia.

Edukasi juga akan diberikan dengan memberikan buku yang berisi cara penyelamatan terumbu karang.  Kemudian, pemerintah juga mengembangkan program pembersihan kawasan pesisir pantai dengan melibatkan masyarakat sekitar pantai.

“Sosialisasi seperti inilah yang terus kami jalankan bersama tim secara nasional, tentunya dengan didukung oleh kerja sama dari pihak terkait. Diharapkan dengan berjalannya sosialisasi ini dengan baik, maka bisa menekan angka kerusakan terumbu karang yang ada,” tandas Freddy.

http://sains.kompas.com/read/xml/2009/10/12/15511296/pemerintah.siapkan.dana.penyelamatkan.terumbu.karang.rp.465.m

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: