Skip to content

Fosil Telur Dinosaurus Ditemukan di India Selatan

Oktober 21, 2009

CHENNAI–MI: Beberapa ahli geologi telah menemukan setumpuk telur dinosaurus yang telah menjadi fosil dan diperkirakan berusia sekitar 65 juta tahun, di satu desa di negara bagian Tamil Nadu, India Selatan.

“Kami menemukan tumpukan demi tumpukan telur bulat dan beberapa bagian tubuh dinosaurus dan masing-masing tumpukan berisi delapan telur,” kata M. Ramkumar, ahli geologi di Periyar University, yang memimpin satu tim penggalian, seperti dilaporkan harian The Hindu, Kamis (1/10).

Semua telur tersebut, yang berdiameter sekitar 13-20 centimer dan tergeletak di sarang pasir dengan luas sekitar 1,2 meter, ditemukan selama satu studi yang didanai oleh lembaga ilmiah Jerman dan India.

Tumpukan telur itu berada di bawah debu letusan gunung berapi di dataran tinggi Deccan, yang dikatakan ahli geologi mungkin telah mengakibatkan kepunahan dinosaurus tersebut.

Tempat sarang itu ditemukan di sepanjang pinggir dan dasar anak sungai di lembah sungai Cuavery, yang berisi tumpukan telur yang telah menjadi fosil, kotoran dan sisa tulang dinosaurus.

“Ditemukannya telur yang belum menetas dalam jumlah banyak pada tingkat stratigraphic yang berbeda menunjukkan bahwa dinosaurus terus kembali ke tempat yang sama untuk bersarang,” kata Anbarasu, salah seorang anggota tim peneliti.

Para peneliti itu telah meminta pejabat setempat untuk menutup lokasi tersebut sejak temuan serupa di India utara mengakibatkan penjarahan fosil itu.(Ant/OL-04)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/10/98266/45/7/Fosil-Telur-Dinosaurus-Ditemukan-di-India-Selatan

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: