Skip to content

KLH Gelar Workshop Pengendalian dan Penaggulangan Tumpahan Minyak

Desember 12, 2009

Author: Indramayu Post | Posted at: Kamis, September 10, 2009 | Filed Under: Seputar Indramayu |

Indramayu – Tingginya aktivitas bongkar muat dan transportasi pengangkut BBM di wilayah Kabupaten Indramayu, menjadikan daerah ini sebagai daerah dengan potensi pencemaran sangat tinggi. Potensi pencemaran ini sangat perlu untuk diketahui dan dicarikan standar operasional prosedur (SOP) dalam penangannya.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kab. Indramayu Ir. Aep Surachman mengatakan, pelaksanaan workshop ini sebagai upaya untuk mengkordinasikan berbagai pihak dalam penanggulangnnya sehingga apabila terjadi pencemaran maka dampak yang ditimbulkan bias diminimalisir. Dalam kegiatan yang digelar di Hotel Handayani ini diikuti oleh seluruh stake holder yang ada di Indramayu seperti Kepolisian, TNI, Pertamina, dan LSM. Serta menghadirkan beberapa nara sumber dari Kementrian Lingkungan Hidup, BPLHD Jawa Barat, Pertamina, dan Kantor Pelabuhan Indramayu, dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si.

Dalam sambutannya Drs. H. Supendi, M. Si. Mengatakan, potensi pencemaran lingkungan di Indramayu sangat mudah karena banyak industri besar yang berada dipinggir laut, dan hal ini tetntu saja akan mengancam ekosistem, sumberdaya, kehidupan pesisir dan laut, kawasan pariwisata, serta instalasi pantai, perikanan, dan social ekonomi lainnya.

Khusus untuk Indramayu tingginya resiko akibat tumpahan minyak di laut dapat menyebabkan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan laut, sehingga memerlukan tindakan penanggulanggan secara cepat, tepat, dan terkoordinasi. Dengan demikian diperlukan suatu kebijakan dan mekanisme yang memungkinkan dilaksanakannya tindakan penanggulangan tersebut. Saat ini Pemerintah Kabupaten Indramayu masih berupaya untuk menyusun SOP penanggulangan minyak di laut yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2006 tentang penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut.

dikutip dari http://www.indramayupost.com/2009/09/indramayu-tingginya-aktivitas-bongkar.html

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: