Skip to content

PANTAI INDRAMAYU BISA BERSIH DARI SAMPAH?BISA?HARUS BISA…!

Desember 18, 2012

Sebagian besar wilayah Indramayu adalah pesisir dan pantai dengan topografi pantai utara yang khas dengan airnya yang coklat, kawasan yang cukup menjanjikan untuk wilayah perindustrian dan jalur perdagangan. Semakin pesatnya perkembangan daerah, semakin tinggi pula tingkat ancamannya khususnya dalam bidang lingkungan. lingkungan wilayah pesisir Kabupaten Indramayu yang terkenal kumuh oleh sebagian masyarakat menjadikan paradigma yang sangat mencolok, padahal kalau kita lihat wilayah pesisir Indramayu mempunyai potensi yang sangat besar untuk menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakatnya jika dikelola dengan baik dan terpadu.

Potensi pesisir indramayu sayangnya belum maksimal berkembang, dikarenakan kurangnya pengawasan dan kesadaran para masyarakat akan pentingnya pengelolaan pesisir. Banyak faktor dan hal yang masih banyak dikerjakan atau sebagai “PR” baik untuk pemerintah daerah maupun kita sebagai warga indramayu. permasalahan utama yang paling mencolok yang ada di pantai indramayu adalah SAMPAH, pengelolaan manajemen sampah yang kurang maksimal dan kesadaran masyarakat yang masih kurang menjadikan pantai indramayu sebagai tempat yang istimewa yang perlu mereka jaga dan lestarikan. Masih belum terlambat kita menyesali hal tersebut, walaupun banyak masalah pencenaran lingkungan di pantai kita namun masih ada harapan untuk kita jaga kembali dan tata kembali tentunya dengan rencana jangka panjang. Pantai indramayu apakah bisa bersih dari sampah??Kenapa tidak??banyak pemerintah kabupaten kota lain yang konsern menyikapi hal tersebut, kita bisa belajar dari mereka.

Sejatinya objek wisata binaan pemerintah di indramayu seharusnya bisa lebih memperhatikan aspek tersebut, bukan hanya mereka menerima retribusi dari pengunjung saja tapi bagaimana manajemen pengelolaannya, tentunya itu harus ada kesadaran dari berbagai pihak baik dari pengunjung ataupun pengelola. Tiap daerah di indramayu yang memiliki pantai hampir semua terlibat dalam pembinaan pariwisata pesisir binaan pemerintah kabupaten indramayu yang dikelola oleh setiap karang taruna pada desa tersebut mereka pun meminta retribusi untuk pengunjung, namun saya rasa kemanakah uang retribusi tersebut toh saya masih sering melihat belum maksimalnya pengelolaan wisata pesisir tersebut, setidaknya adalah “TEMPAT SAMPAH” dan yang membuang sampah tersebut bukan hanya sebagai pajangan sampai sampah menumpuk tidak ada yang membuangnya.

Pantai Indramayu itu bisa bersih dari sampah, kenapa tidak! mari kita jaga dan lestarikan pantai yang ada di indramayu. mari kita jadikan pantai indramayu itu sebagai halaman depan rumah kita yang selalu bersih dan indah dipandang mata, tentunya dengan mengindahkan kesadaran lingkungan dalam semua aspek lapisan masyarakat. Mari kita dukung pantai Indramayu untuk bersih dari sampah!

One Comment leave one →
  1. ida astuti permalink
    Desember 18, 2012 7:01 am

    wah….. luar biasa mas, jika semua masyarakat sesadar warga nindramayu, maka negara kita pasti indah, dan amn.,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: