Skip to content

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI, IPTEK DAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENUNJANG PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN LAUTAN SECARA TERPADU ‘Sangat kompleks, namun satu aksi kecil yang sangat bermanfaat dapat membuahkan hasil yang kompleks….satu pemikiran untuk kemajuan perikanan dan kelautan di kota kecil ku…

Februari 22, 2013

Dalam era globalisasi teknologi Negara kita masih peringkat ke sekian untuk permasalahan ini, namun perlu kita ketahui sebenarnya SDM kita mampu untuk mengimbangi era tersebut. Mengapa tidak dan bukan lagi cerita, lihatlah SDM Negara kita yang berkualitas yang cerdas yang mempunyai daya saing tingkat internasioanal banyak bertebaran di Negara – Negara maju nun jauh disana sudah bukan lagi untuk memajukan teknologi Negara kita sendiri, tapi mengapa ini bias terjadi? Kita Tanya dalam benak kita masing – masing, siapa kah yang patut bertanggung jawab akan hal ini,,, (Intermezo)

Jika kita berbicara tanah air, nusantara tidaklah terlepas dari wilayah daratan dan lautan…untuk lebih khususnya wilayah pesisir dan lautan kita yang sangat luas. Salah satu tantangan yang sangat mendasar bagi Negara kita dalam memasuki era tinggal landas dan pembangunan jangka panjang adalah mencari sumber – sumber pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan  (Suistainable). Mengingat pertumbuhan penduduk kita yang semakin meningkat , sumber daya alam kita yang semakin menipis khususnya di daratan maka bukanlah sebagai mitos bahwa nantinya laut beserta sumber daya alam yang terkandung didalamnya akan merupakan tumpuan bagi kesinambungan pembangunan nasional .

Untukmenunjang kesinambungan pembangunan tersebut, maka GBHN 1993 telah menetapkan Matra Laut sebagai sector sendiri, sehingga menjadikan kelautan sebagai sector yang strategis untuk pengembangan dan perencanaan pembangunan di sector kelautan. Bagian terpenting yang harus diperhatikan untuk maksud tersebut adalah wilayah pesisir yang menjadi bagian dari sector kelautan. Bagi bangsa Indonesia, peran strategis wilayah perairan disebabkan oleh tiga alasan pokok. Pertama, wilayah perairan yang sangat luas. Kedua, lingkunga periaran merupakan sumber kehidupan. Dan ketiga lingkungan perairan Indonesia mengandung berbagai kekayaan sumber daya alam, baik sumber daya yang dapat pulih (renewable resources), maupun sumber daya yang tidak dapat pulih (unrenewable resources).

Bersambungggg…….🙂

4 Komentar leave one →
  1. oger permalink
    Juni 6, 2014 1:31 am

    kanda gmna caranya untuk ,melihat materi selengkapnya,,,kok cuman sepotong ajah?

  2. Uje Gates permalink
    Juni 6, 2014 1:36 am

    Bang,kok materinya cuman sepotong sih,bagi yang detailnya dong..butuh banget nih buat materi perkuliahan….!!!

  3. Suryadi Oger permalink
    Juni 6, 2014 1:42 am

    Gwe jg lg perlu nih kanda….mintol yah di bgi materinya…

  4. Uje Gates permalink
    Juni 6, 2014 10:54 am

    kok gak dibalas nih Bang…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: