Skip to content

Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Kabupaten Indramayu

September 21, 2013

Kabupaten Indramayu dikaruniai sumberdaya yang cukup beragam sebagai modal dalam pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan tolak ukur Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Salah satu sumberdaya unggulan yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah sumberdaya perikanan dan kelautan karena kegiatan perikanan dan kelautan memiliki kemampuan untuk menciptakan peluang usaha guna mengurangi kemiskinan (pro-poor), menyerap tenaga kerja (pro-job), meningkatkan pertumbuhan ekonomi (pro-growth) dan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan pendapatan (pro-businnes).

Wilayah pesisir Kabupaten Indramayu merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi pembangunan yang sangat strategis dan juga memiliki ancaman tekanan eksploitasi yang dapat mengarah kepada kerusakan lingkungan dan sumberdaya alam pesisir bila tidak dikelola dengan baik. Wilayah Pesisir Kabupaten Indramayu memiliki panjang garis pantai 147 Km, Kabupaten Indramayu memiliki beberapa potensi antara lain dalam bidang budidaya, perikanan tangkap, pengolahan hasil perikanan dan pariwisata pesisir yang dapat menunjang pendapatan daerah dan warganya jika dikelola dengan baik.

Dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indramayu, sebanyak 12 Kecamatan memiliki pantai dengan jumlah total 114 km. Pengelolaan wilayah pantai didominasi untuk usaha perikanan menunjukkan belum optimalnya hasil yang diperoleh terutama sektor perikanan tambak yang masih terganggu oleh serangan penyakit. Dan dengan adanya diversifikasi usaha melalui lahan tambak untuk produksi garam, mampu memberikan gairah baru bagi petambak udang dan ikan untuk memanfaatkan lahan tambak di musim kemarau sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat.

Garam yang dulu dianggap sebagai  komoditas kurang penting saat ini merupakan pusat perhatian pemerintah setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan mencanangkan untuk swasembada garam nasional pada tahun 2014. Garam yang tidak hanya digunakan di meja makan membuka pandangan masyarakat akan pentingnya garam bagi semua sektor kegiatan baik dari kosmetik, pengobatan sampai industri-industri besar membutuhkan banyak garam.

Untitled

B  E  R S  A  M  B  U  N  G………..!

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: