Lanjut ke konten

Daftar Istilah Resume Ekologi Laut Tropis

April 5, 2010

Berikut merupakan daftar istilah dari resume materi kuliah ekologi laut tropis http://furkonable.wordpress.com/2010/04/13/resume-mata-kuliah-ekologi-laut-tropis/ :

Ekologi : Diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi bahari : Dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari ekologi yang ada atau terjadi di lautan.

Faktor biotik : Faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan maupun hewan.

faktor abiotik : Faktor tak hidup yang meliputi faktor fisik dan kimia. Faktor fisik utama yang mempengaruhi ekosistem yang meliputi suhu, air, kelembapan, cahaya dan topografi.

Individu : Merupakan organismee tunggal, seperti ikan hiu, ikan paus, ikan pari, dan lainnya. Contoh penyu.

Populasi : Merupakan kumpulan individu sejenis yang menempati suatu wilayah dalam kurun waktu-tertentu yang saling berinteraksi.. Contohnya adalah populasi kambing dalam suatu kawasan di daerah subang.

Komunitas : Merupakan kumpulan populasi yang menempati suatu daerah pada suatu waktu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Contohnya Komunitas terumbu karang.

Ekosistem : Merupakan interaksi antara komunitas dengan lingkungan yang merupakan kesatuan ekologi. Contohnya adalah ekosistem mangrove.

Daerah ecotourism : Daerah tempat wisata lingkungan alam (cagar alam).

Ekologi laut tropis : Merupakan interaksi antara satu ekosistem dengan ekosistem yang lain, dan memungkinkan pula terjadi interaksi yang saling mempengaruhi dari beberapa ekosistem serta interaksi antara ekosistem dengan lingkungan yang berada pada daerah tropis.

ekosistem mangrove : Yaitu hutan yang terutama tumbuh pada tanah lumpur aluvial di daerah pantai dan muara sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut

eksositem lamun : Tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang mampu beradaptasi secara penuh di perairan yang salinitasnya cukup tinggi atau hidup terbenam di dalam air dan memiliki rhizoma, daun, dan akar sejati.

ekosistem terumbu karang : Ekosistem di dasar laut tropis yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur (CaCO3) khususnya jenis – jenis karang batu dan alga berkapur, bersama-sama dengan biota yang hidup di dasar lainnya seperti jenis­ – jenis moluska, krustasea, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain yang hidup bebas di perairan sekitarnya, termasuk jenis-jenis plankton dan jenis-jenis nekton.

Sedimentasi : Pengendapan  atau suatu tubuh material padat yang terakumulasi di permukaan bumi atau di dekat permukaan bumi, pada kondisi tekanan dan temperatur yang rendah.

Migrasi : Perpindahan suatu organisme menuju tempat lain untuk mempertahankan hidupnya.

Edge (peripheral) feeders Edge feeders : Merupakan biota yang memanfaatkan suatu sistem habitat untuk berlindung, namun berkelana jauh dari sistemnya untuk mencari makan.

Migratory feeders Tipe migratory feeders : Memiliki jarak migrasi yang relatif jauh dan memiliki waktu tertentu dalam melakukan kegiatannya.

Habitat : Tempat dimana makhluk hidup tinggal.

Relung : Peranan organism dalam suatu habitatnya.

Adaptasi : Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya yang berubah.

Evolusi : Perubahan sifat jenis secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama

Netral : Tidak memihak dan berpihak, tidak terdapat (sesuatu) , bersih.

Kompetisi : Merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan.

Predasi : Predator atau pemangsa, kematian yang diakibatkan oleh predator (pemangsa).

Mutualisme : Simbiosis yang saling menguntungkan dalam suatu organisme.

Komensalisme : Hubungan dua organisme yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak yang lain tidakdiuntungkan dan tidak dirugikan.

Parasitisme : Hubungan dua organisme yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak yang lain dirugikan.

Amensalisme : Salah satu organisme dirugikan tapi organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah jamur Penicilium yang mensekresikan penisilin dengan bakteri. Penisilin mampu membunuh bakteri. Sehingga bakteri dirugikan, tetapi jamur Penicillium tidak mendapatkan keuntungan maupun kerugian.

Suksesi : Perubahan akibat suatu kondisi alam ataupun karena ulah manusia.

Hukum toleransi shelford : Bahwa besar populasi dan penyebaran suatu jenis makhluk hidup dapat dikendalikan dengan faktor yang melampaui batas toleransi maksimum atau minimum dan mendekati batas toleransi maka populasi atau makhluk hidup itu akan berada dalam keadaan tertekan (stress), sehingga apabila melampaui batas itu yaitu lebih rendah dari batas toleransi minimum atau lebih tinggi dari batas toleransi maksimum, maka makhluk hidup itu akan mati dan populasinya akan punah dari sistem tersebut.

Siklus biogeokimia : Merupakan pengertian dari siklus unsur atau senyawa kimia yang mengalir dari komponen abiotik menjadi komponen biotik dan kembali lagi ke dalam komponen abiotik yang berlangsung secara terus menerus.

Tundra : Suatu area dimana pertumbuhan pohon terhambat dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar. Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut, rerumputan, dan pohon dari bangsa conifer.

Fotosintesis : Suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya.

Respirasi : Suatu proses mulai dari pengambilan oksigen, pengeluaran karbohidrat hingga penggunaan energi di dalam tubuh.

Nitrifikasi : Suatu proses penyusunan senyawa nitrat dari amoniak yang berlangsung secara aerob di dalam tanah.

Denitrifikasi : Suatu  nitrat direduksi sehingga terbentuk nitrit dan akhirnya menjadi amoniak yang tidak dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan.

Organisme : Suatu makhluk hidup yang hidup di alam bumi.

Weathering : Proses pelapukan.

Atmosphere  input : Masuknya nutrient dari atmosphere melalui proses hujan yang membawa berbagai nutrient dari penguapan yang terjadi.

Biological Nitrogen Fixation : fiksasi biologis nitrogen (BNF) terjadi ketika atmosfer nitrogen diubah menjadi amonia oleh enzim yang disebut nitrogenase Rumus untuk BNF adalah:

N 2 + 6 H + + 6 e → 2 NH 3

Proses ini digabungkan ke hidrolisis 16 setara dari ATP dan disertai dengan pembentukan-rekan dari satu molekul H2. Dalam hidup diazotrophs bebas, amonium yang dihasilkan nitrogenase adalah berasimilasi glutamat melalui sintetase glutamin / jalur synthase glutamat. Enzim bertanggung jawab atas tindakan nitrogenase sangat rentan terhadap kerusakan oleh oksigen. (Pada kenyataannya, banyak bakteri menghentikan produksi enzim dalam kehadiran oksigen). Banyak organisme hanya ada dalam kondisi anaerobik, respiring untuk penarikan kadar oksigen, atau mengikat oksigen dengan protein seperti Leghemoglobin .Tanaman yang berkontribusi terhadap fiksasi nitrogen mencakup leguminosa keluarga – Fabaceae – dengan taksa seperti semanggi , kedelai, alfalfa , lupines dan kacang . Mereka mengandung simbiosis bakteri yang disebut rhizobia dalam nodul dalam mereka sistem akar , memproduksi senyawa nitrogen yang membantu tanaman untuk tumbuh dan bersaing dengan tanaman lainnya. Bila tanaman mati, nitrogen tetap dilepaskan, membuatnya tersedia untuk tanaman lain dan ini membantu untuk menyuburkan pada tanah. Sebagian besar kacang-kacangan memiliki asosiasi ini, tetapi beberapa genera (misalnya, Styphnolobium ) tidak Dalam banyak praktek-praktek pertanian organik dan tradisional, bidang yang diputar melalui berbagai jenis tanaman, yang biasanya mencakup satu terdiri terutama atau seluruhnya semanggi atau soba (keluarga Polygonaceae ), yang sering disebut sebagai “pupuk hijau.”

Erosi : Peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat transportasi angin, air atau es, karakteristik hujan, creep pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi, atau oleh makhluk hidup.

Immigration : Perpindahan suatu nutrient dari ekosistem terkait ke luar dari ekosistem tersebut atau ekositem lainnya.

Leaching intrusi : Proses keluarnya nutrient dari suatu ekosistem dengan cara intrusi dari suatu ekosistem tersebut.

Pembuangan berupa gas (Gaseos Losses) : Suatu proses pembuangan suatu nutrient berupa gas – gas yang keluar dari suatu ekosistem.

Emigration dan Harvesting : Proses perpindahan nutrient atau keluarnya nutrient dari suatu ekosistem ke luar dari ekosistem tersebut.

Wilayah pesisir : Merupakan daerah pertemuan antara darat dan laut; ke arah darat meliputi bagian daratan, baik kering maupun terendam air, yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut, dan perembesan air asin; sedangkan ke arah laut meliputi bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses-proses alami yang terjadi di darat seperti sedimentasi dan aliran air tawar, maupun yang disebabkan oleh kegiatan manusia di darat seperti penggundulan hutan dan pencemaran (Soegiarto, 1976; Dahuri et al, 2001).

Integrated Coastal Zone Management (ICZM) : Pengelolaan terpadu wilayah pesisir.

Integrated Coastal Zone Planning and Management : Pengelolaan dan perencanaan terpadu wilayah pesisir, dalam artian pengelolaan pemanfaatan sumberdaya alam dan jasa-jasa lingkungan yang terdapat di kawasan pesisir dengan cara melakukan penilaian secara menyeluruh (Comprehensive assessment).  Sorensen & Mc Creary dalam Dahuri 2001

Integrated Coastal Management : Pengelolaan wilayah pesisir.

Integrated Coastal Resources Management : Pengelolaan terpadu sumber daya wilayah pesisir.

Coastal Zone Resources Management : Pengelolaan sumber daya wilayah pesisir.

Coastal Resources Management : Pengelolaan sumber daya pesisir.

Coastal Zone Management : Pengelolaan wilayah pesisir.

Marine Management Area / Marine Protection Area : Daerah pengelolaan laut / Daerah perlindungan laut

Silvofishery : Pemanfaatan sumber daya mangrove dengan menggabungkan system tumpangsari dengan tambak  (konsep rehablitsi mangrove di pertambakan), jadi bibit mangrove ditanam di sepanjang pematang tambak untuk kompensasi lahan mangrove yang telah ditebang untuk dijadikan lahan tambak.

Minawana : Dalam artian Mina (ikan) Wana (hutan) konsepnya sama dengan silvofishery yaitu rehabilitasi lahan mangrove dijadikan lahan pertambakan dengan sistem tumpangsari.

nursery ground : Daerah asuhan bagi organisme yang masih kecil atau muda sebelum menjadi dewasa.

feeding ground : Daerah untuk mencari makan bagi suatu organisme.

spawning ground : Daerah pemijahan bagi organisme air untuk melakukan sebagian dari siklus reproduksinya.

fishing ground : Daerah tempat dimana tempat tersebut terdapat banyak ikan, tempat memancing atau mencari ikan.

4 Komentar leave one →
  1. Mei 15, 2010 8:30 pm

    Hey everybody under the sun, I’m having an fight with my laptop here. Earlier today it was working as prosperously as it a day does, but in all directions an hour ago I seclude it down, at worst to rebuff it move backwards withdraw from on around 10 minutes or so later. All things booted normally, but seeking some sensible some of my taskbar icons wouldn’t consignment, like the volume control icon and and wireless network icon. I tried to click on the start bench exclusive to detect that it wouldn’t respond. It righteous gave me the hourglass every measure I hovered upwards it. I could tranquil unfilled up programs from my desktop icons, but when I minimized them, they just disappeared. I tried to just reboot my computer and see if it helped, but the problem actually got worse. At blue ribbon the start streak responded even though it once again failed to worry items in the taskbar, but then after close to 30 seconds or so the computer became unqualifiedly unresponsive. I couldn’t announce folders or programs, or do appealing much anything. Task manager wouldn’t debatable either. All I could do was bestir oneself the mouse around.

    Unified age when I started it up, it took me even to the boot overseer, and when I went to the enrol of drives, there were no impetus options listed. I went to the matrix tab and even-handed focus on it to default boot settings and exited, and that simulate me start it up, but the in spite of freeze up happened again. So once again I rebooted, this convenience life in right mode. Everything seemed to master-work merely select in true mode. Anyway, I ran a group restore go to matrix week. This moment, it started finance up normally and things seemed okay. No matter what, Avast wouldn’t occupation advantageous, and I couldn’t book it to either. I tried restarting the computer, and this at the same time when it started up, the wireless network icon and the bulk control icon were both missing from my taskbar one time again, impassive conceding that the start menu was working as it should have been. No matter how, when I would click on the My Computer icon on my desktop, it would show me the flashlight sweeping following and forth searching instead of all my drives and such, but it would on no occasion actually display any of them. Interestingly, I can introduce up My Documents, but when I practise up a steady to Desktop and then Click on My Computer again, it serene gives me the flashlight searching icon.

    I equitably have no intimation what the problem is here, and I don’t rhythmical know where to start when it comes to dealing with it. Will ease me thoroughly here. Oh, and I’m operation XP Pro with service throng 3 if that makes any difference.

    [url=http://forum.thesportshustle.com/viewtopic.php?f=6&t=752]article[/url] – [url=http://www.apocalypsewatch.com/forum/viewtopic.php?f=2&t=5956]article[/url] – [url=http://edu-smart.net/forum/viewtopic.php?f=4&t=25276]article[/url] – [url=http://kansascitybusiness.net/classifieds/index.php?topic=175.new#new]article[/url] – [url=http://bluebyte.nazwa.pl/forum/viewtopic.php?p=1499#1499]article[/url] – [url=http://iconpantip.com/2009/modules.php?name=Forums&file=viewtopic&p=137147#137147]article[/url] – [url=http://foro.smial-ithilien.org/viewtopic.php?f=7&t=14070]article[/url] – [url=http://ravinder.digital-seven.net/html/bbs/viewtopic.php?p=47173#47173]article[/url]

Trackbacks

  1. Resume Mata Kuliah Ekologi Laut Tropis « furkonable's Blog
  2. Daftar Istilah Dalam Ekoligi Laut Tropis (tugas mata kuliah ekologi laut tropis) « Muhammad Dio
  3. Resume Marine Ecology « Joesh's Blog

Tinggalkan komentar